SUARA MILIS IKASMANCA :Danem tertinggi (lagi-lagi) bukan dari SmaLa



Desiana Radithia wrote

What happened with our old school?


Frandi Dwijayanto Wrote

Menurut pangalaman saya nih mbak (takut kalo mo bilang pengalaman tmn2 yg lain jg :) ), dulu UAN/UNAS/UN itu biasanya take for granted aja di smala.Yang jadi fokus utama malah sama UMPTN/SPMB nya. Jadinya kalo ngeliat danem,smala sering ketinggalan baik dari tetangga jauh maupun tetangga dekatnya. Tapi kalo diliat dari jumlah yang masuk PT favorit, smala selalu menang. Liat aja di ITS/ITB/UNAIR ato yg lain jg, pasti arek2 smala reunian terus :). Ga tau lagi kalo diliat dari faktor sosial lain yg lebih luas, smala masih menang gak ya?

....seseorang ex smala yang tidak mau komentarnya ditulis (red)......


saphire_duper Wrote

iya mbak...setuju!!!
Secara aq ngerasain dewe taon lalu (2007)Qta emg hampir nggak ngereken unas tiap hari makanan sehari-hari kita cuma soal2 spmb yg skrg jd snmptn tapi nggak enak juga ya ama skul laen dimata mereka qta cm kutu buku yg apatis ma skitar nggak jarang lo mereka sinis ma skul kita knapa y??


M Yusuf Wrote

***Tapi saya dapat info teman yang guru SMAN 5 bahwa:
- Juara 1 Unas se-sby
- Juara 2 Unas se-jatim untuk IPA
- lulus 100%
***Ini yang ingin bisa kita diskusikan.Tapi waktu jaman saya, saya rasa tidak seperti itu.Saya sendiri aktif di berbagai organisasi di luar sekolah misal SKIW dan Kropel Surabaya Post.Pada waktu saya tidak merasa ada perasaan seperti begitu.
Tapi mungkin secara individu gitu ya...
Terima kasih
M.Yusuf


Maulana Imam Wrote

kalau kualitas otak sepertinya g masalah....tinggal kemauan dr siswa dan guru smala...kalau gitu tmn smala terakhir yang masuk NTU adalah fajar/axl2 ya mas ainun?apa gara2 adanya axl kondisi prestasi smala menurun?baik itu prestasi lomba2, olimpiade, atau yang dapat beasiswa k luar negeri.coz sy lihat temen2 yang punya 'otak lebih' cenderung masuk ke axl, n dalam waktu 2 tahun mereka rata2 hny mentingin pelajaran skul(dengan standart indo), dikit yang bisa having fun dengan lomba2 atau olimpiade atau dengan tes2 luar negeri(ngoprek2 A level contohnya, kalo EJU termasuk apa ya?).tapi ada juga tmn2 axl yang k ln lho:D

kalaupun mrk suka having fun dengan lomba2(atao tes2 luar) itupun waktu mo lulus(thn kedua) baru keliatan hasilnya, tdk seperti dedengkot zaman sblm sy:mas ainun,mas atamimi,mas bud,etc yang 1 tahun terakhir(kelas 3 sma)pny banyak prestasi:)
~maulana iman t/smala 2004/fasilkom ui 2004
~CMIW


Frandi Dwijayanto Wrote

Jadi pingin denger tanggapan dari pihak yg berkompeten menjawab neh. Dimilis ini ada nggak ya bapak/ibu guru yang sekarang sedang ngajar dismala? Kalo ada, monggo di-share info terkini dari smala...
regards,
frandi
- smala 00/03 –


Nikko Priambodo Wrote

Sebenarnya “indikator” yg mas2x & mbak2x sampekan itu (misal : danem tertinggi, nda ada yg masuk NUS dll ) untuk mengukur opo toch?
Apakah itu merupakan indikasi yg tepat? Atau dg kata lain haruskah anak sma 5( atau anak sma lain) mencapai indikator2x tsb ?
Nikko -89


...........disini juga ada komentar dari orang yang sama diatas tapi tidak mau dipublish (red)..........

Yubi Delavega Wrote

Ada betulnya juga, kalo rekan2 saya yang lulus tahun 2000 mereka hanya konsentrasi ke perguruan tinggi. Apakah itu di LN ataupun di dalam(Lokal). Pada saat itu, tidak ada syarat ketentuan nilai UAN. jadi ada yang nilanya dapet skor 4, mereka gak peduli. Ujung2nya tetep lolos UMPTN juga.

Untunglah sekarang ada batasan nilai UAN, mudah2n adek2 smala yang masih sekolah bisa termotifasi terus.

Btw, ketika saya bc2 milis ini banyak juga cak dan ning Smala yang di Luar Negri, dari hasil survey website ikasmanca-community, bisa menggambarkan pesebarannya. kalo bisa/ usulan saya c.p. di negara2 lain di informasikan dunk. coz, di milis smala yg laen juga sering mereka tanya2 c.p. untuk sekedar silaturahmi, ketika Dinas Luar Negri or lagi pendidikan.
Regards,
Firza 1997-2000


Faizal Rachman Wrote

angka...angka...dan angka...
16 tahun lebih mencari angka...


...........disini juga ada komentarnya............

Artikel yang Berhubungan



Terbangunya Tali Silaturahmi yang kokoh selalu didasari dengan komunikasi dan informasi yang selalu Lancar dan TERBARU jika setuju masukan email Konco disini:


Digg Technorati del.icio.us Stumbleupon Reddit Blinklist Furl Spurl Yahoo Simpy

9 comments:

Anonymous said...

Gunane opo seh rek nek smala tertingi unas-e. Masiyo gak tertinggi, aku lho jek tetep kepingin ndhaftarno anakku nang smala bulan iki. dongakno lulus unas smp mene sabtu 21 June 08. Wadhuuuh gara-gara berhala unas iki, wong tuwo podho kalang kabut. UNAS = Ujian aNAk yg Sia-sia. Buyar-no ae UNAS. Biarkan sekolah yang menentukan lulus tidaknya siswa. UNAS mungkin cocoknya dipakai untuk seleksi pemilihan pejabat eselon. Materi ujiannya :
1. Ilmu Pencegahan Korupsi
2. Ilmu Pencegahan Bribery
3. Ilmu Pencegahan Kolusi
4. Ilmu Pencegahan Nepotisme

Syarat kelulusan :
1. Memiliki nilai rata-rata minimal7 dengan tidak ada nilai 6 pada salah satu mata pelajaran.
2. Memiliki nilai minimal 5.5 pada salah satu pelajaran dengan nilai minimal 8 pada 3 mata pelajaran lain.

Ramalan saya kalau ini dijalankan maka yang ndhaftar jadi pejabat eselon akan lulus semua dengan nilai spektakuler 10 semua. Koq bisa ? Ya bisa laah. Minta apapun bisa kalau sama orang Indonesia. maklum, banyak akal bulusnya.

Anonymous said...

nek ono tes koyo ngono aku gelem daftar jokine..ki3q..

pasti laku, alumni smala..

Haryono 87 said...

Sorry rek, alhamdulillah masiyo anakku gak keterimo nang smala koyok bapake iki, tapi ketrimo nang sma4sby

Ainun Najib said...

Mas admin, saya mau menyampaikan masukan mengenai posting ini. Ada beberapa hal yang mengganggu sekali buat saya.

1. Di posting ini (dan di sebagian tempat di blog ini) alamat-alamat email dipajang dengan jelas. Ini menurut saya kurang baik karna tanpa seizin yang punya email. Bayangkan kalau saya memajang nomer handphone sampeyan di internet tanpa minta ijin dulu, bagaimana rasanya ? Seperti itulah mas.

2. Masih tentang poin 1 di atas, alamat email yang sampeyan pajang tidak diamankan sama sekali. Cuma diketik biasa. Tidak dibentuk seperti gambar atau lebih baik lagi di masking (ainun*****@*****.*** misalnya). Email yang dipajang "telanjang" seperti di blog ini dengan mudah akan masuk ke database nya spammer yang pasang bot crawler buat cari alamat2 email. Dan ini sudah terjadi mas, email gmail saya yang biasanya ga pernah ada spam tembus mulai sering spam tembus filternya. Mohon nama2 email yang muncul di blog ini dibersihkan, termasuk juga daftar milis angkatan yang sampeyan pajang itu. Milis angkatan saya juga mulai sering kemasukan spam mas.

3. Menyangkut posting ini sendiri, isinya merupakan isu sensitif. Isinya kan pembicaraan teman2 mengenai kualitas smala saat ini. Tempat pembicaraannya adalah lingkungan internal (milis sesama smalane). Karena itu pendapat2 yang muncul kebanyakan TIDAK untuk umum. TIDAK BAIK dibongkar dimuka umum. Terlebih lagi membongkarnya tanpa ijin yang bersangkutan. Coba liat komen2 sebelum saya, orang2 tersinggung semua kan ? Tolong lah mas dihapus dan tidak dilanjutkan lagi posting pendapat2 teman2 di milis.


Intinya mas, dunia maya ini punya etika. Blogging punya etika. Teknologi informasi punya etika. Saya harap mas mau mendengarkan masukan saya dan mulai mengikuti norma dunia maya.

Maaf bila terlalu pedas, semoga bermanfaat buat sampeyan.


Ainun Najib

Ikasmanca Community said...

Cak Ainun Najib yang terhormat....mugo awakmu jek nganggep awak2 masih kakak kelasmu
(oh yo kenalkan diri kami 3 orang pengelola blog ikasmanca yang di koordinir oleh cak edo 88 n kebetulan awak2 semuanya angkatan 80an,jenengku Agus,Firman dan Dudi)

Melihat sampean 'komplain' serta 'mengancam' akan keluar dari milis ikasmanca karena ada posting anda yang tampil di blog kita sebenarnya kami sedih atas sikap sampean dan mencoba tidak mengkomentari reaksi sampean sembari menunggu apakah ada yang lain yang akan komplain,perlu diketahui karena kami dari awal mencoba mempublish katagori baru tentang suara milis (rencana kami akan mengangkat issue penting dimilis agar satu sama lain angkatan bisa saling tahu) dan kami sedang mencoba apakah ada yang keberatan saat kita mengangkat suara milis diblog kita semua....ternyata kami tunggu tidak ada komplain pada artikel kami pertama dikatagori suara milis P!-86,malah diemail kami banyak yang menanggapi dengan positif,dari dasar itu kami teruskan issue2 lain dari milis yang terdaftar dikami.(kami bukan tidak menanggapi email anda di milis karena kami anggap sampean sedang emosi dan waktu lain pasti kami akan menghubungi sampean)

Dan kami pun bereaksi dan kaget ketika ada point tertentu atas komen sampean ke blog kami yang seakan sampean 'menuduh' bahwa ada email spam masuk alamat email sampean dan seolah email sampean diterjang spam atas artikel yang menunjukkan alamat email sampean diblog kami???sak iki awak2 tanya sejak kapan sampean gabung dengan milis ikasmanca??pernah ga ditelusuru sejak sampean masih sekolah di smala milis ini sudah berdiri dan kalo mau bicara spamer, milis ini sudah diterjang puluhan kali dan walau awak2 seperti sing sampean juga katakan HARUS BERETIKA (itu dengan maksud awak dewe ga duwe etika dimata sampean) juga bukan orang sing ga ngerti internet,kami sering bersikan para spamer yang meninggalkan 'radar' di milis itu walau ga bersih masih ada satu dua karena nyamar dadi arek smala (tolong disimpulkan ya dik jadi 'tuduhan' sampean berlebihan walau kami tidak bilang mengada ada),oh ya onok 510 anggota dimilis ikasmanca sing perlu sampean tanya ada ga spam yang masuk ke email mereka saat ini?

Kami selalu mendengar semua saran dari para konco,perlu Ainun tahu sekarang arek yang gabung di blog kami sudah ada 1200an orang dan 60an milis para ikasmanca dan blog ini kami sengaja dirikan untuk tempat mereka bertemu dan saling mengetahui issue2 yang ada dikalangan ikasmanca (semua angkatan),kami juga bisa claim bahwa daya tarik blog ini lebih besar dari ikasmanca.org terutama penyebaran info serta penghimpun data ikasmanca ,kami prihatin melihat para ikasmanca 'tercecer' dimana mana,untuk menjalankan ini kami perlu energi besar karena tidak semua anggota ikasmanca mau terganggu privacinya dan bagi kami usaha ini adalah upaya untuk mempertemukan semuanya(karena kami peduli akan keguyuban smalane).intinya kami berusaha memahami semua keinginan walau terkadang satu keiinginan saja tak terwujud dapat menganggu kestabilan sebuah paguyuban.

Tentang etika didunia maya seperti sampean katakan,kebetulan kami ini adalah 'para peselancar'internet yang punya jam terbang belasan tahun(banyak peselancar lain bilang kita ini mbahnya internet,blogger n etc) jadi mohon dimaaf kalo kami ini ternyata masih dianggap tidak beretika dimata sampean,tapi kita coba luruskan kalo anda mempunyai satu opini dan opini itu di publish oleh yang bersangkutan atau orang lain ke dunia maya maka etikannya sumbernya harus ditulis terutama tentang siapa dirinya dan dari mana asalnya (karena ini blog bukan frendster jadi harus jelas)kalo tidak maka jangan sekali-kali mempublish tulisannya karena itu akan dianggap 'topenganblog" alias berniat tidak baik alias penipu,alias provokator,denagn demikian logikanya kami harusnya tahu tentang etika ngeblog n berinternet(dengan anggapan aline pertama tidak menjadi masalah maka kami publish yang kedua ttg surara milis)kami juga waktu itu masih yakin bahwa dengan jam terbang rata2 kami yg sudah ngebloh sejak blog itu ada di internet (mungkin waktu itu ainun masih sekolah dasar,sorry ya).eh ternyata kami masih dianggap kurang beretika,mohon maaf kalo ini membuat kami benar2 tidak tahu.

Tentang etika lagi neh,coba kita saling merenung,apakah dengan sampean 'mengancam' dan meminta sedemikian rupa agar posting sampean di blog ikasmanca dihapus dan hal ini sampean posting di milisikasmanca (padahal sampeankan baru beberapa waktu gabung ) untuk mundur itu juga beretika??menurut kami sampean mencoba memprovokasi semua anggota,harusnya kalo anda tidak berkenan bisa kirim email kemoderator atau ke nara sumber atau cao aja alias unsubscribe (jadi siapa yang beretika dan tidak coba adik pikirkan,eling yo dik milis ini berdiri dari tahun mei 2001,belum ada satupun arek smala sing 'sewot'sampai njaluk mundur karena sebuah posting yang tampil ditempat lain or misscommunication,karena kami membangun milis ini dulu untuk kita saling bertemu bercerita n menambah keguyuban)jadi email sampean itu membuat kami semua (senior kalo dianggap senior oleh sampean)mengkrenyitkan dahi dan bertanya sebanarnya anda ini siapa??

Tentang etika lagi menurut kami dari beberapa yang posting di opini yang sampean juga komen hanya sampean yang paling 'mangkel' memprotes,kesimpulan kami tadi dan mudah2an salah bahwa ada 2 hal yang menyebabkan anda mangkel pertama bisa jadi kami TIDAK PUNYA ETIKA karena memposting ulang komen anda di tempat yang memang sebenarnya juga blognya ikasmanca tanpa seijin orang2 yang posting atau yang kedua 'mungkin' sampean malu or takut or apalah karena komentar sampean terkesan TIDAK BERETIKA terutama di kalimat terakhir komentar anda,jika ya yang kedua sebenarnya kan lebih gampang sampean kirim email ke kami dan kami akan delet khusus komen anda ok (kami sudah lakukan n boleh dicek)

Dik Ainun kami juga mengakui seperti yang sampean katakan bahwa masukan sampean semoga bisa bermanfaat bagi kami,ya kami dapat pembelajaran dan manfaat ternyata privasi seseorang dapat mengganggu ikatan persaudaran bagi anggota keluarga lainnya yang jumlahnya ribuan orang,selain itu belum tentu kami yang merasa 'tuwek' bisa lebih matang beretika didunia maya dibanding yang lebih muda tidak peduli apakah kami ini sudah mengarungi dunia maya belasan tahun.

Untuk semua hal ini kami meminta maaf atas ketidaknyaman sampean,dan nek awakmu masih menganggap kami juga cacakmu saran awak dewe sampean jangan 'kekanak2an' mengundurkan diri dari milis ikasmanca karena dudu anggota milis yang salah or moderator milis sing salah,yang salah kami karena mempublis opini sampean diblog ikasmanca tanpa minta ijin ke anda.

Sekali lagi njaluk sepuro yo dik semoga balasan ini menjadi kita semua lebih dewasa dan ga mementingkan diri sendiri

Salam Guyub
Agus '84
cc.Edo "88

Ainun Najib said...

maaf cak, boleh saya ngobrol japri ? lewat mana baiknya ?

iya cak sampeyan benar bahwa email saya yang paling pertama (yg mengancam utk keluar dari milis) itu kekanak2an dan kurang tepat, dan saya waktu itu menyesalinya sesaat setelah terlanjur kirim. kemudian karena terlanjur, saya pikir saya tunggu sampeyan2 kontak saya aja utk ngobrol2, secara saya ndak tau siapa aja yang mengelola blog ini dan nggak tau lewat mana untuk mengontak via japri.

namun terhitung berminggu2 setelah saya post di milis itu tidak ada respon sama sekali, seakan tidak diperdulikan... saya jadi emosi karena merasa kurang dianggap...jadilah saya terpaksa post komen dan sedihnya makin pedas..

kalau boleh mohon kita sama2 ngobrol lewat japri, bagaimana pendapat sampeyan ?

wassalam

ainunnajib

Ikasmanca Community said...

cak Ainun langsung aja ke ikasmancacommunity@gmail.com
(keterangan tidak balas nberminggu minggu sdh dijelaskan diatas red.)
Wassalam
Moderator ICOM

andri said...

test tag sekalian (quote ga bisa ya?)

Dan kami pun bereaksi dan kaget ketika ada point tertentu atas komen sampean ke blog kami yang seakan sampean 'menuduh' bahwa ada email spam masuk alamat email sampean dan seolah email sampean diterjang spam atas artikel yang menunjukkan alamat email sampean diblog kami

:-t

koq jadi membahas netiket :-/

tapi masalah masking alamat e-mail, memang seharusnya merupakan hal yang sudah umum dilakukan di dunia internet.. jadi wajar saja kalau tidak dimasking, spam pun melanda..

tapi saya kurang tau beginian (dibandingkan ama cak cak sing wis melanglang buana di dunia internet) masih selalu akan jadi junior si :)

;)

Anonymous said...

Rek.. ayo balik nang topik awal.. wong katene nang Ciamis kok sepure menggok, malah mudhun stasiun Rogojampi. Ayo, Pak Masinis, endhase sepur dibenakno neh. Langsir, langsir. Mumpung durung anjlok iki, mumpung riyoyo jik rodo adoh..
Jadi yak opo masalah UAN/UNAS/SMPMB-ne Cak2 barek Ning2 ..? Lanjut lah...

Cak Den '89

:)) ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* :| 8-} :)] ~x( :-t b-( :-L x( =))

Post a Comment

 

©Copyright 2008 Blog Ikasmanca|powered by Blogger.com|o-om|Peluang Usaha